Rabu, 19 Desember 2012

Aquascaping - Takashi Amano notes, AGA 2004 Convention

For anyone that missed purchasing the AGA 2004 Convention DVD, or missed the convention itself, T. Amano had a couple of interesting lectures that are well worth buying the DVD for. In viewing the DVD I made some notes on things that really hit home for me, as found below. I've tried to separate those comments that I saw as his aquascaping principles, vs. those things that appeared be techniques he uses. It's kind of random, but I think it still may have some useful advice.


PRINSIP

1. Ada baiknya menanam dalam kelompok yang berjumlah ganjil (misal background stemplant 3 jenis atau 5 jenis).

2. Tanaman yang berdaun tidak trlalu besar dan simple baik diletakan diarea tengah , dan tanaman yang berdaun besar dan sedikit berat ada baiknya diletakkan dipinggir.

3. Jangan menggunakan warna merah di tengah karena terlihat lebih berat dan menunjukkan kesan gelap.

4. Daun yang berwarna hijau gelap atau berwarna kemerahan ditaro dipinggir dan daun yang berwarna lebih muda mengikuti diarea tengah.

5. Atur tanaman, dan hardscape (batu dan kayu) untuk memberikan kontras yang baik daerah terang dan gelap.

6. Cahaya pasir berwarna memberikan kontras yang baik untuk tanaman (maksudnya pasir hitam atau coklat).

7. Ketika batu digunakan, menggunakan beberapa ukuran, pencampuran batu-batu besar dan kecil, seperti di alam (jangan mengatur batu dengan ukuran yg sama karena tidak alami).

8. Tepian batu sebaiknya berbentuk membulat.

9. Penggunaan hardscape seperti batu ada baiknya tidak dibuat trlalu menonjol, biarkan tanaman sedikit menutupinya, dan apabila sudah trlalu menutupi mungkin sudah waktunya anda trimming.

10. Aquascape dengan pasir diarea depan yang tidak ditanami tanaman adalah alternatif yang baik untuk Natural aquarium yang umumnya adalah area depannya ditumbuhi tanaman.

11. Alternatif yang baik dari sebuah setting layout adalah membuat kesan bukit dengan slope yang sedikit naik dari area tengah sampai kedua pinggir diarea belakang (mungkin membuat V scape ?).


TEKNIK

1. Gunakan benang katun untuk mengikatkan moss dikayu dan batu, ataupun batu apung.

2. ikatkan moss ditepian batu yang besar, ini agar area depan yaitu pasir terlihat menyatu dengan area penuh tanaman ditengah dan belakang.

3. Kayu dan batu yang sudah diikatkan moss sangat membantu untuk menciptakan kesan bayang2 dan kesan dalam yang kuat.

4. ikatkan anubias ke kayu atau batu yg sebelumnya sudah diikatkan moss, buang hampir smua akar kecil nya, ikat agak kuat sehingga dapat menyatu dengan hardscapenya.

5. Anubias yang direkatkan dibatu dapat ditaro di pasir atau sesuai keinginan, tapi umumnya daunnya diarahkan kedepan agar akarnya tidak trlalu terlihat, anubias akan tumbuh sesuai arah cahaya.

6. Ada baiknya apabila mempunyai rencana untuk menempatkan jenis Cripto ialah disubstrate yang dalam dan cukup (untuk memaksimalkan perakaran)
.
7. Menggunakan Stemplant ada baiknya memperhatikan potensi ketinggian tanaman stemplant tersebut, dengan aturan yang belakang untuk jenis yang paling tinggi dan makin kedepan makin pendek (untuk memaksimalkan pandangan dari depan).

8. Tanamlah stemplant 2-3 batang dalam lubang yang sama.

9. Sebuah tangki baru tidak boleh dipangkas selama 3 bulan (i doubt it).

10. Pada pertama pemangkasan, biarkan batang tanaman tumbuh ke atas, dan kemudian trim dibagian tengah (biarkan stemplant hampir menyentuh permukaan, dan baru trimming).

11. Jenis Anubias dan moss dapat menjadikan foreground menjadi bagus, karena mereka sedikit sekali dilakukan trimming.

12. Segala macam selang atau kawat atau apapun sebaiknya diletakkan disisi akuarium, untuk membuatnya tidak trlalu terlihat apabila dipandang daridepan.

13. Membuat substrate dan pasir dekoratif dapat diletakan secara bersamaan dengan dipisahkan dengan cardboard ataupun karton, caranya isi keduanya dengan pasir sampai penuh, ketika mereka sudah sepenuhnya terisi penuh dan terpisah cardboard dapat diangkat. (tapi gue biasanya ga diangkat, karena potensi tercampur laginya gede hehhehe, gue biasnaya gue lekatin pake lem didasar aqua biar ga gerak)

14. Setting substrate dengan slope yang menaik dari depan kebelakang sangat baiksekali apabila dikombinasikan dengan kayu untuk menciptakan layout yang seakan-akan maju kedepan. Batu yang sudah diikatkan moss juga membantu sebagai penahan agar substrate trsebut tidak runtuh

15. Apabila menggunakan pasir dekoratif sand, Kayu dan batu adalah pemisah yang terbaik antara keduanya.. sehingga menghasilkan titik pisah yang alami.

16. Cahaya bersinar dari dasar kembali tampak besar! Dan akan cahaya riak di permukaan dari sudut bawah, menyoroti mereka (masih ga ngerti hehehe).

17. Untuk menghasilkan landscape yang simpel, gunakan kerikil yang lebih kecil dan cukup banyak disekitar batu yang besar.

18. Sekelompok cabang kayu yang sudah dililit moss akan sangat membantu untuk menghasilkan permainan depth yang baik dan apabila diletakan dengan benar dapat memberikan kesan perbedaan ruang antara depan, tengah dan belakang...




sumber : forum.indoaquascape.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar