Selasa, 25 Desember 2012

Aquascape Murah Meriah

Saya akan mencoba mebeberkan detail dari aquascape yang sudah saya post sebelumnya, beserta dana yang digunakan.







Yang pertama saya membeli :
Tank ukuran 30x15x20 seharga............................................................ 20 ribu.
Kemudian filter internal............................................................................5 ribu,
 kertas karton......................................................................................... 4 ribuan mungkin ( saya lupa ),
fitting lampu dan kabel saya lupa berapa, gak lebih dari............................5 ribu kayaknya,
pasir malang............................................................................................5 ribu,
dan pasir silica.........................................................................................4 ribu.
Untuk tanaman saya beli crypto sama stem plant abis sekitar...................10 ribuan,
lalu ikan juga abis...................................................................................10 ribuan    +
                                                                                                              93 ribu rupiah           

Sisanya saya menggunakan bahan-bahan sisa ataupun nemu.
Substrat disini saya gunakan humus sebagai pupuk dasar, ditutupi atasnya dengan pasir malang dan lapisan paling atas pasir silica.
Moss saya dapat dari hasil hunting, dan marsilea sp saya ambil dari sawah deket kost.
Hardscape batu dan driftwood dapat dari hasil hunting juga.
Lampu Phlilip 18 watt saya ambil dari rumah sendiri (ups..), sssttt....jangan bilang-bilang Ibu ya....

DIY Lamphood menggunakan kertas karton dengan desain seperti berikut :

yahh,,cukup simple dan muinimualis banget.hehe....
Kira-kira seperti ini penampakannya..




CO2 saya menggunakan ramuan gula + ragi di masukkan ke dalam botol aqua bekas ukuran 1500 ml. Outputnya saya masukkan kedalam filter yang saya maksudkan sebagai difuser...kira-kira penampakannya seperti ini..


Penampakan keseluruhan tank uji coba




Jadi total biaya yang saya keluarkan untuk tank uji coba ini sekitar 93 ribu rupiah...yaahh,,lumayan laahh...untuk project berikutnya saya berencana membuat tank sendiri ukuran 30x25x27 nano cube 5 mm, untuk sementara peralatan sudah ada, hardscape, plants, dan fish akan saya gunakan sepenuhnya dari hasil hunting...tunggu tanggal mainnya, akan segera saya posting.....hehehe.....

Salam Aquascaper Indonesia

2 komentar:

  1. mas itu filter murah beli dimana? sama pasir malang dan humus sbg pupuk dasar nyari dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di APY daerah Timoho mas..
      pasir malang jg beli di timoho..kalo humus y nyari di sekitar kos..heheh

      Hapus